Mengenal tentang SDHC dan SDXC

Mengenal Lebih dalam SDHC dan SDXC

Mari kita simak berikut ini,Pada tahun 1999 SanDisk, Matsushita (sekarang Panasonic) dan Toshiba mengadakankerja sama untuk membuat sebuah Secure Digital memory card yang merupakan pembaharuan dari MultiMediaCard (MMC). SD Card Association diperkenalkan pertama kali di Consumer Electronics Show (CES) pada tahun 2000. Enam tahun setelah itu, SD Association memperkenalkan MicroSD card (sebelumnya TransFlash) dan sekaligus memperkenalkan generasi baru yaitu,
cara tes class micro sd1. Secure Digital High-Capacity (SDHC).
2. Secure Digital eXtended-Capacity sendiri diperkenalkan pada CES tahun 2009.


Sejarah SDHC
perbedaan SDHC dan SDXC
1. Secure Digital High-Capacity (SDHC) adalah sebuah flash memory card dengan kapasitas minimum 4GB,
2. Secure Digital eXtended-Capacity (SDXC) memiliki kapasitas minimum 32 GB sampai 2 TB.

SDHC dan SDXC card memberikan performa lebih sebagai media penyimpanan data untuk perangkat portabel seperti kamera, camcorder, PDA, MP3 player, MP4 player dan smartphone.
Terdapat beberapa penggolongan dalam keluarga SD Card,
1. Standard card memiliki ukuran 32x24x2.1 mm
2. Mini card dengan ukuran 21.5x20x1.4 mm
3. Micro card memiliki ukuran 15x11x1 mm

Mini dan Micro card memiliki sebuah adapter sebagai konversi fisik agar dapat digunakan sebagai Standard card dan untuk digunakan pada card reader yang tidak memiliki slot khusus bagi Mini dan Micro card.

Protokol komunikasi antara SD card berbeda dengan SDHC atau SDXC card, oleh karena itu beberapa perangkat lama yang mendukung SD card belum tentu mendukung penggunaan SDHC dan SDXC card. Penggunaan SDHC dan SDXC card pada perangkat lama yang tidak mendukung memory card jenis ini tidak akan menyebabkan kerusakan fisik pada card itu sendiri, dampak yang timbul adalah perangkat lama tersebut tidak akan mampu membaca memory card yang digunakan.

klasifikasi kecepatan SD
1. Speed Class 2 memiliki kecepatan max 2 MB/detik,
2. Class 4  4MB/detik,
3. Class 6  6 MB/ detik, dan
4. Class 10 10MB/detik.

UHS adalah Ultra High Speed yang mampu mencapai 312 MB/detik untuk performa yang lebih baik pada SDHC dan SDXC card. UHS-1 memiliki kecepatan transfer max 104 MB/detik. Pengetahuan tentang perbedaan Class ini akan menjadi sangat penting untuk menentukan kebutuhan memory card sesuai dengan kegiatan yang ingin dilakukan.

Sebagai perbandingan Speed Class 2 akan baik digunakan untuk video recording dengan kualitas di bawah High Definition Video, sedangkan Speed Class 4 dan 6 dapat digunakan untuk merekam video dengan kualitas HD sampai FullHD, merekam video FullHD lebih baik menggunakan memory dengan Speed Class 10. Sedangkan UHS-1 dapat lebih optimal untuk merekam video dengan ukuran yang lebih besar dan waktu rekaman yang lebih lama karena kapasitas yang makin besar.

Beberapa pertimbangan dalam memilih micro sd
Memilih sebuah memory card bukan sesuatu hal yang gampang, Anda harus melihat dari banyak sisi : Kecepatan transfer data, kebutuhan penggunaan memory card, kapasitas, dan harga. Kecepatan transfer data yang baik akan menjadi nilai tambah bagi sebuah memory card. Memory card dengan kapasitas besar namun memiliki kecepatan transfer yang rendah akan menjadi kendala tersendiri.

Kecepataan transfer sendiri terbagi dua,
1. Kecepatan read berarti kecepatan membaca data dari memory card,
2. Kecepatan write adalah kecepatan menulis data kedalam memory card.

Melalui kedua jenis kecepatan transfer data ini, Anda dapat menentukan kegunaan memory card yang ingin Anda pakai. Memory card dengan kecepatan read yang tinggi, akan lebih baik jika digunakan sebagai media penyimpanan data yang diakses berulang-ulang, seperti memory card untuk smarthpone, media player seperti MP3 dan MP4 player.Sebaliknya memory card dengan kecepatan write yang tinggi dapat

dimanfaatkan untuk perpindahan data dan pemakaian pada kamera dan camcorder.Kecepatan write yang tinggi sedikit banyak akan membantu Anda dalam menghasilkan foto dengan kualitas baik dan pengambilan gambar yang lebih banyak.Perangkat digital saat ini banyak menggunakan memory jenis MicroSD karena ukurannya yang kecil dan banyak dipakai pada smartphone, meskipun memiliki ukuran yang kecil, memory ini mampu menghadirkan kecepatan transfer yang tinggi.

Semakin tinggi kapasitas, semakin tinggi pula kecepatan transfer yang ditawarkan.Hal ini merupakan sebuah perkembangan yang sangat positif dan akan banyak membantu Anda dalam penggunaannya pada perangkat digital Anda. Dimulai dari SD Card biasa, meningkat menjadi SDHC card dan kemudian teknologi terakhir adalah SDXC Card.

Kenapa SDHC dan SDXC?
Pada penggunaan video recording atau pengambilan gambar yang berurutan diperlukan sebuah memory dengan kecepatan write yang tinggi. Pengambilan foto biasa dengan rentang waktu yang jauh tidak memerlukan memory dengan kecepatan tinggi. Saat Anda mengambil gambar secara berurutan atau pengambilan video dengan kualitas tinggi dan resolusi tinggi, Anda memerlukan memory dengan kecepatan tinggi agar kamera atau camcorder dapat memproses gambar dengan lebih cepat.

Di masa lalu resolusi pengambilan video pada kamera digital hanya berkualitas QVGA (320 x 240) dan VGA (640 x 480) dengan frame rate mencapai 30 fps. Kini semakin tingginya tuntutan akan kemampuan merekam video dengan hasil yang detail dari sebuah kamera digital, fitur merekam video mulai bergeser menuju resolusi HD 720p bahkan FullHD 1080p.Semakin tingginya tuntutan akan kualitas video atau gambar yang dihasilkan, harus diimbangi dengan semakin tingginya teknologi sebuah memory card untuk menampung data dan menyeimbangkan antara kecepatan transfer dan kecepatan kompresi sebuah data.

Saat Anda menggunakan kamera atau camcorder untuk mengambil gambar, tidak jarang ditemui pada LCD kamera terlihat tanda “busy” hal ini karena kamera memerlukan waktu lebih untuk menulis hasil tangkapan gambar pada kartu memory yang Anda gunakan. Melihat hal tersebut, beberapa produsen kamera dan camcorder telah menuliskan minimum penggunaan kelas memory, agar Anda memperoleh hasil yang lebih optimal.

Semua perangkat memory yang menggunakan teknologi SD menggunakan teknologi backward kompatible. Jika Anda memiliki perangkat digital seperti kamera atau camcorder yang telah mendukung penggunaan SDXC, maka Anda juga dapat menggunakan SDHC atau bahkan SD card biasa pada perangkat tersebut. Jika perangkat Anda masih menggunakan teknologi SD card biasa, perangkat tersebut tidak akan mampu membaca SDHC card terlebih lagi membaca SDXC card.

Mengenal lebih jauh perangkat digital yang Anda miliki akan banyak membantu Anda untuk memilih memory card yang cocok untuk Anda gunakan. Kamera dan camcorder yang telah mendukung mode rekaman video FullHD 1080p lebih baik menggunakan memory SDHC atau SDXC card dengan Speed Class 10 atau UHS-1 yang memiliki kecepatan paling tinggi.

Bagi pengguna awal memory SDXC, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan pembelian. Pertama, pastikan perangkat digital telah mendukung SDXC card dan jangan melakukan format pada perangkat yang tidak mendukung SDXC, karena melakukan format SDXC card pada perangkat yang tidak mendukung dapat menghilangkan data serta membuat SDXC card meggunakan file sistem yang tidak lagi mendukung pada perangkat SDXC. Hal ini menyebabkan menurunnya performa SDXC card yang Anda gunakan.

Kompatibilitas
Perangkat digital yang mendukung penggunaan memory card SDXC mengadopsi teknologi backward compatibility. Semua perangkat yang telah mendukung SDXC,pasti mendukung penggunaan SDHC dan SD card biasa. Perangkat yang hanya mendukung penggunaan SDHC tidak dapat mengunakan SDXC card tetapi tetap kompatibel dengan SD card standar.Penggunaan memory card pada perangkat yang tidak kompatibel tidak akan merusak data yang ada atau merusak memory card. Pada saat Anda menggunakan memory SDXC pada perangkat SDHC atau menggunakan memory SDHC pada perangkat SD card standar. Perangkat tersebut tidak mampu membaca kartu memory yang Anda gunakan. 

Perangkat biasanya meminta melakukan format. Disini merupakan letak kelemahan yang ada.
Jika Anda melakukan format, maka Anda tidak dapat lagi menggunakan memory card ini sebagai SDXC card. Performa yang dimiliki memory card ini akan menurun karena perbedaan file sistem setelah melaukukan format. Anda dapat melakukan format SDXC card dengan mengunduh software formatter yang disediakan pada situs resmi SDcard.org atau melakukan format pada perangkat digital yang telah kompatibel terhadap penggunaan kartu memori SDXC sehingga tidak mengubah file sistem yang ada.

sumber : http://www.v-gen.co.id/mengenal-lebih-dalam-sdhc-dan-sdxc/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal tentang SDHC dan SDXC"

Posting Komentar

komentar anda adalah nyawa asfa blog,terima kasih